Selasa, 30 September 2014

BAHASA INDONESIA 2 KE-2

SOFTSKILLS BAHASA INDONESIA 2#
“PENALARAN contoh artikel
Nama : Nanda Apriliana
3 EB 18/25212229

CONTOH ARTIKEL (ini ngarang sendiri bu, tp berdasarkan fakta dan informasi :P nilai + ya bu No Copas)
hidup itu seperti roda kehidupan, ia berputar seolah tak ada sesuatu yang terjadi namun nyatanya putaran itu ibarat situasi yang mampu membolak-balikan kehidupan.
Pernyataan diatas mungkin hal biasa yang dirasakan oleh manusia, seperti halnya kehidupan bapak Ahmad yang memiliki mata pencaharian sebagai tukang becak, ia selalu berfikir hidup itu sebuah tantangan, bagaimana tidak tantangan dengan tenaga yang tidak semaksimal dulu dia terus mengayuh becak tua nya untuk mendapatkan penghasilan yang tidak menentu dan tidak mencukupi. Namun ditengah keaadan sulit itu dia bisa menghidupi ketiga anaknya bahkan mendidiknya sampai ke jenjang perguruan tinggi, jika kita amati selalu muncul pertanyaan bagaimana bisa? Namun inilah realita dan kenyataannya, dalam hidup kita tidak boleh berfikir kita tidak bisa, kita tidak mampu karena kita masih punya Tuhan yang ada disaat kita membutuhkan jika kita mau bersyukur, selalu berdoa, dan berusaha.
Buktinya anak yang hanya dari seorang tukang becak bisa memperoleh gelar di universitas terkemuka tanpa menyusahkan orang lain. Jika kita pahami keindahan itu tidak datang secara Cuma-Cuma pasti ada proses tersulit, terpanjang, bahkan tercapek untuk dijalani. Namun satu niat dan tekad akan melancarkan itu semua karena keindahan itu tidak instan tapi selalu ada hal sulit didalamnya. “

Analisis :
artikel ini merupakan induktif karena seperti yang sudah diketahui induktif itu dimulai dari pengamatan khusus yang di yakini sebagai model yang menunjukkan suatu kebenaran atau prinsip dan dapat berlaku secara umum.
Mengapa paragraf ini termasuk induktif? Karena, kisah tukang becak tadi kita harus mengamati satu objek yang akan dijadikan sebagai model dan sudah dibuktikan kebenaran dalam kenyataannya. Berlaku secara umum disini karena kasus serupa bisa terjadi oleh siapa saja asal kita mau berusaha dan tidak pesimis...
( ini menurut saya ya bu.. J )_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar