Selasa, 30 September 2014

BAHASA INDONESIA 2 KE-1 (penalaran)



SOFTSKILLS BAHASA INDONESIA 2#
“PENALARAN”
Nama : Nanda Apriliana
3 EB 18/25212229

PENALARAN adalah proses  berfikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengetahuan.

“PENALARAN DEDUKTIF”
Penalaran deduktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip/ sikap yang berlaku khusus berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat umum. Penalaran ini dimulai dari hal-hal umum menuju pada hal-hal yang khusus/ hal-hal yang lebih rendah proses pembentukan kesimpulan deduktif tersebut.
Contoh :
masyarakat indonesia konsumtif (umum) dikarenakan adanya perubahan arti kesuksesan (khusus) dan kegiatan imitasi (khusus) dari media-media hiburan yang menampilkan gaya hidup konsumtif sebagai prestasi sosial dan penanda status sosial.
Macam penalaran : suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif ( silogisme ) dan Penalaran deduktif secara langsung ( entimen ).

Ciri-ciri penalaran deduktif :
·         Dimulai dari hal-hal umum menuju pada hal-hal khusus.
·         Kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan dibarengi oleh kalimat penjelas dan pendukung kalimat utama.

“ PENALARAN INDUKTIF “
Penalaran induktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan fakta-fakta yang bersifat khusu, prosesnya disebut induksi penalaran ini terkait dengan ilmu empirisme atau ilmu yang memisahkan antara semua pengetahuan yang sesuai dengan fakta atau tidak.
Contoh :
sejak suaminya meninggal dunia 2 tahun lalu, Ny ahmad sering sakit. Setiap bulan dia pergi kedokter memeriksa sakitnya. Harta peninggalannya semakin menipis untuk membeli obat dan biaya pemeriksaan. Serta untuk biaya hidup sehari-hari bersama dengan 3 orang anaknya yang masih sekolah. Anak tertua dan adiknya masih kuliah di perguruan swasta sedangkan yang nomer tiga masih duduk di bangku SMA, sungguh berat beban hidupnya.

Ciri-ciri penalaran induktif :
·         Menyebutkan peristiwa khusus
·         Menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa khusus
·         Kesimpulan terdapat diakhir paragraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar