BAB VI
PEMASARAN
Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan untuk menjalankan bisnis (profit
atau monoprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa,
menetapkan harga, mendistribusikan, serta memromossikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan
yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan
terhadap barang atau jasa.
Jenis-jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar
dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata (abstrak).
Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
1.
Pasar Nyata adalah pasar dimana barang-barang
yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar
tradisional dan pasar swalayan.
2.
Pasar Abstrak pasar dimana para pedagangnya tidak
menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi
hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar
saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis
pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
1.
Pasar Tradisional adalah pasar yang bersifat
tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar
secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa
barang kebutuhan pokok.
2.
Pasar Modern adalah pasar yang bersifat modern
dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan
sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan
tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu
jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan
dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya
barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
1.
Pasar Lokal
2.
Pasar Daerah
3.
Pasar Nasional dan
4.
Pasar Internasional
Konsep-konsep Inti Pemasaran
1.
Kebutuhan merupakan suatu keadaan
dirasakanya ketadaan kepuasaan dasar tertentu dan sifat ada dan terletak dalam
tubuh dan kondisi manusia.
2.
Keinginan merupakan kehendak yang
kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih
mendalam.
3.
Permintaan merupakan keinginan
terhadap produk-produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan
untuk membelinya.
4.
Produk merupakan suatu yang dapat
ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan.
5.
Nilai merupakan konsumen
terhadap kapasitas produk secara keseluruhan untuk memuaskan kebutuhannya.
6.
Konsumen merupakan pemakai akhir,
sedangkan pelanggan sering di artikan sama dengan pembeli yang bertindak
sebagai agen bagi konsumen akhir.
Manajemen Pemasaran
1. Keadaan Permintaan dan Tugas Pasar
Ada delapan keadaan permintaan yaitu:
1.
Permintaan negatif
2.
Tidak ada permintaan
3.
Permintaan terpendam
4.
Permintaan menurun
5.
Permintaan yang tidak beratuaran
6.
Permintaan penuh
7.
Permintaan yang berlebihan
8.
Permintaan yang tidak sehat
2.
Falsafah Manajemen Perusahaan
Manajemen pemasaran merupakan sebuah proses yang
merencanakan dan melaksanakan konsep,penetapan harga, promosi, dan distribusi
gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi
sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang
terdiri dari 4P yakni :
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam
perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah
People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin,
misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka
seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan
pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan
ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana
produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Tujuan Sistem Pemasaran
1.
Tingkat konsumsi masyarakat yang
maksimum.
2.
Tingkat kepuasan konsumen yang
maksimum.
3.
Tingkat pilihan konsumen yang
maksimum.
4.
Kualitas hidup konsumen yang
maksimum.
Sumber :
- http://id.shvoong.com/business-management/2003665-pengertian-pasar/
- http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
- http://syadiashare.com/jenis-jenis-pasar.html
- http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran#Bauran_Pemasaran
- http://www.pemasaran-abdulgofur.blogspot.com/
- http://www.slideshare.net/opexs/pemasaran
- http://melaniapuspa.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar